Beranda > Literasi > Hiu & Pari Indonesia : Biologi, Eksploitasi, Pengelolaan dan Konservasi

Hiu & Pari Indonesia : Biologi, Eksploitasi, Pengelolaan dan Konservasi

Tragedi ilmu kelautan terjadi jika sumberdaya yang berlimpah menjadi punah oleh berbagai kepentingan pragmatis atau eksploitasi yang berlebihan. Musibah ini bisa terjadi dimana saja, termasuk di perairan Indonesia. Pengelolaan sumberdaya kelautan secara arif bijaksana sangat diperlukan demi kesejahteraan antar generasi anak bangsa.

Hiu dan pari merupakan sumberdaya ikan laut ekonomis yang dimiliki perairan Indonesia. Sampai saat ini sebanyak 157 jenis hiu dan pari hidup nyaman dan berkembang biak di berbagai perairan Indonesia. Berbagai jenis tersebut sudah tentu memiliki banyak manfaat, seperti manfaat ekonomi, ekologi, budaya, dan juga estetika bagi kita semua. Namun sangat disayangkan, karena nilai jual ekspor siripnya yang mahal, maka nelayan kita memburu ikan ini secara berlebihan. Sebagai contoh, tahun 1980an pari gergaji (Pristidae) merupakan hasil tangkap utama nelayan kita, dan sekarang sudah punah dari berbagai laut kita.

Buku literatur yang layak untuk dibaca ini di upload atas seizin penulisnya Dr. Priyanto Rahardjo,M.Sc. agar masyarakat mengetahui dengan jelas dan benar tentang informasi hiu dan pari di Indonesia. 

Lengkapnya silakan download disini.

*) Gambar : Cover Buku Hiu & Pari Indonesia

 

 

 
 

The Time Is:

 
 
 

 

Powered By Octopuss | Design By Octopuss 2013

 
Pilihan Bahasa